Cara Menyimpan Sayuran Daun Agar lebih Awet

sayuran hijau

Sayuran daun yang umumnya berwarna hijau memiliki kelebihan dibandingkan jenis sayuran lain karena mengandung klorofil. Menurut ahli gizi, struktur kimia klorofil hampir sama dengan hemoglobin, sehingga bisa merangsang pembentukan sel darah merah. Dengan konsumsi makanan yang mengandung antioksidan yang cukup seperti sayuran daun juga akan mencegah timbulnya penyakit kanker pada manusia. Berikut tips menyimpan sayuran daun dalam lemari es agar awet:

  1. Mencuci sebelum disimpan

Cucilah sayuran sampai bersih dengan air yang mengalir agar kotoran dan residu pestisida ikut hanyut dalam aliran air, jika kotoran menempel akan memicu tumbuhnya mikroba yang menyebabkan sayuran cepat busuk.

  1. Membuang bagian yang busuk dan berpenyakit

Pilihlah sayuran yang utuh, artinya tidak berlobang karena hama/penyakit, jika ikut tersimpan akan mempengaruhi daun lain yang sehat.

  1. Memotong sayuran

Potonglah sayuran daun sesuai dengan kebutuhan. Hal ini akan lebih efisien tempat, dan waktu dimana sayuran bisa langsung dimasak.

  1. Memasukkan dalam wadah berlubang

Dengan wadah berlubang memungkinkan sayuran masih bisa bernafas, dan CO2 bisa dikeluarkan lewat lubang. Wadah yang digunakan bisa dari plastik atau wadah lain yang memungkinkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: