Cara Membuat Karya Ilmiah Populer

Karya ilmiah sendiri  merupakan sebuah karya tulis yang berpegang kepada standar ilmiah dengan melakukan beberapa analisis yang ada pada kehidupan masyarakat luas dan ditulis secara sistematis, tetapi ditampilkan dengan bahasa umum sehingga mudah dipahami oleh masyarakat luas. Jenis karya tulis ini banyak dimuat pada surat kabar dan sejenisnya.

Dengan rajin  mendengar, melihat, dan membaca maka dengan begitu kita akan merasa lebih mudah dalam membuat sebuah karya tulis, semakin banyak sebuah informasi yang telah diterima maka semakin apik dan indahlah karya tulis yang akan dihasilkan. Sebuah karya tulis yang bagus dapat dinilai dari seberapa banyak kah orang yang mampu memahami karya tulis yang telah dibuat. Adapun aspek-aspek yang perlu diperhatikan dalam membuat sebuah karya tulis adalah:

  1. Sederhana. Maksudnya adalah:
    1. Menggunakan paragraf sederhana. Dimana disetiap paragrafnya hanya menampung beberapa kalimat saja, sehingga para pembaca tidak merasa bosan.
    2. Penggunaan kata baku, setidaknya maksimal ada 15 kata dalam sebuah kalimat, sehingga karya tulisnya tidak terkesan monoton dan membuat bingung para pembaca yang tidak tahu arti kata yang dicantumkan.
    3. Sebuah kalimat dalam karya tulis ilmiah populer sebaiknya menggunakan rumus sederhana S_P_O_K. jangan terlalu banyak menggunakan kalimat bertingkat, yang dapat mengakibatkan karya tulis yang dibuat menjadi mbulet alias terlalu bertele-tele.
    4. Gunakan struktur tulisan Problem-Solusi, Sebab-Akibat. Sehingga para pembaca mampu menarik    kesimpulan dan lebih memahami pembahasan yang ada.

2.      Orientasikan pada pembaca

Sebelum membuat karya tulis alangkah baiknya jika karya tulis itu berorientasikan pada para pembaca jangan bersifat subyektif saja. Para penulis harus berpandangan secara luas, mampu melihat kondisi dimasyarakan dari sudut pandang mana pun. karya tulisnya pun harus mampu membuat para pembaca berempati, Tulisan yang dibuat mudah dipahami. karena cara pemahaman setiap pembaca berbeda-beda jangan membuat para pembaca merasa tersiksa karena membaca karya tulis yang telah dibuat, oleh karena itu gunakan struktur kata dan kalimat yang sederhana.

3.      Hindari istilah asing

Istilah asing kebanyakan hanya dapat dipahami oleh orang-orang tertentu, bahkan istilah asing ini hanya mampu dipahami oleh sang penulis saja. Oleh karena itu jangan pernah mencoba membuat sebuah karya tulis dengan menngunakan istilah asing ini, sebaiknya gunakan istilah-istilah populer agar karya tulis yang dibuat mudah dipahami.

4.      Hindari penulisan jargon, singkatan dan akronim.

Dengan menggunakan akronima dan singkatan dapat menghambat proses komunikasi yang berlangsung, karena ketidak pahaman pembaca terhadap karya yang telah dibuat. Dan dengan menggunakan jargon dapat sebagai persembunyian dari data yang digunakan contohnya “ obligasi rekap” padahal arti kata ini dapat diartikan bahwa utang triliunan dari uang rakyat.

 5.      Spesifik dan konkrit.

Maksud dari spesifik dan konkrit adalah bagaimana penulis jika menggunakann akronim dan jargon maka dengan begitu dapat membiaskan substansi (isi) dari tulisan tersebut, contohnya saja pada kata KKN, KKN ini dapat diartikan secara ambigu.

6.      Menggunakan analogy sederhana.

Jika sebuah karya tulis membutuhkan sebuah data angka dan sejesisnya maka sebaiknya gunakan angka- angka yang sederhana, dengan menggunakan angka perkiraan saja misalnya saja data tersebut adalah : “Rp 1.503.463.784.780” maka data tersebut dapat digantikan dengan : ”sekitar 1,5 Triliun Rupiah”. Sehingga para pembaca tidak terlalu kebingungan dengan banyaknya angka dibalik koma, dan pembaca dapat membayangkan data tersebut.

 Adapula beberapa tips menulis Opini  yaitu:

1.      Buat dahulu kerangka tulisan nya.

2.      Kenali gaya selingkung media masa yang akan dituju.

3.      Buat judul yang agitatif alias dapat mempengaruhi para pembaca, yang                   bernilai positif.

4.      Sertakana pula data sederhana sebagai pendukung karya tulis tersebut.

5.      Masukkan pula beberapa kutipan singkat dari tokoh yang menulis hal                       serupa  yang ada di media beberapa  hari sebelumnya.

6.      Serta berikan data yang sedikit menjual.

Iklan

5 responses to this post.

  1. Posted by unviah on 5 Januari 2012 at 04:15

    makasih ilmunya ya…

    Balas

  2. trimatas tipsnya bu, dan akan lbh menarik jk ada contoh jdi tulisan yg dimaksd

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: